Sort By:

PRADHANA MACHINERY MEMPERSEMBAHKAN, SEBUAH INOVASI PENGERINGAN PERTANIAN TERBARU:

MESIN PENGERING PADI, JAGUNG, KACANG, BIJI, REMPAH, MODEL BOX (BOX DRYER)

MESIN PENGERING PADI, JAGUNG, KACANG, BIJI, REMPAH, MODEL BOX (BOX DRYER) Merupakan inovasi sistem pengeringan masa kini, dengan mengandalkan sistem pemanasan indirect (tidak langsung), sehingga produk yang dikeringkan lebih aman, higienis, kandungan vitamin dan aroma juga tidak akan berkurang. 

MESIN PENGERING PADI, JAGUNG, KACANG, BIJI, REMPAH, MODEL BOX (BOX DRYER) dilengkapi dengan pengaturan suhu dan pengaturan waktu, sehingga dapat menyesuaikan pada suhu yang diinginkan, dan waktu yang diharapkan pada produk yang dikeringkan. Dengan adanya pengaturan suhu, produk yang dikeringkan akan terjaga warna, dan kualitasnya.

Dengan menggunakan Box Dryer ini, konsumen dapat lebih cepat dalam mengeringkan produk daripada menggunakan sistem pengeringan manual (mengandalkan panas matahari).

Selain sistem pengeringan yang lebih cepat, mesin Box Dryer ini juga terdiri dari beberapa bahan bakar pilihan, yakni gas, listrik, sekam, kayu arang, limbah, sesuai kebutuhan konsumen.

Dengan menggunakan mesin Box Dryer ini, konsumen akan dapat menekan cost, dikarenakan mesin ini tidak membutuhkan banyak tenaga kerja dalam proses pengeringannya. Sehingga konsumen diuntungkan karena lebih hemat dalam pengeluaran.

Mesin Box Dryer ini bisa dipindah-pindah karena sistemnya yang knock down (bongkar pasang), sehingga sangat fleksibel. 

Dengan menggunakan mesin Box Dryer ini, konsumen tidak perlu mengandalkan panas matahari, sehingga tidak perlu khawatir apabila datang musim penghujan akan mengganggu proses pengeringan. 

Produk-produk apa saja yang bisa dikeringkan dengan MESIN PENGERING PADI, JAGUNG, KACANG, BIJI, REMPAH, MODEL BOX (BOX DRYER) ini?

1. Padi dan Jagung

2. Kacang-kacangan (kedelai, kacang tanah, dll)

3. Rempah-rempah (kunyit, tembakau, kayu manis, jahe, dll)

4. Kopi

5. Kopra

6. Kapas

7. Keripik sayur, keripik buah

8. Kerupuk

dll.

Kapasitas yang tersedia pada mesin Box Dryer ini dimulai dari 500 Kg, Hingga 5 Ton.

box dryer, bed dryer, mesin pengering padi dan jagung mesin pengering padi, mesin pengering jagung, mesin pengering gabah 

mesin pengering kacang, mesin pengering biji, mesin pengering rempah mesin pengering box dryer, mesin pengering bed dryer, box dryer

mesin pengering kacang, mesin pengering biji, mesin pengering jagung box dryer, bed dryer, mesin box dryer

Impor beras Indonesia meningkat dari tahun 2017 sebesar 305 ribu ton menjadi 2,2 juta ton di tahun 2018 sehingga petani beras harus meningkatkan kapasitas produksinya agar tercapai swasembada beras. Produksi dapat ditingkatkan dengan mengoptimalkan proses pengolahan (produksi) beras. 

Diantara proses tersebut adalah pengeringan dimana saat ini merupakan proses yang membutuhkan waktu paling lama diantara proses-proses lainnya. Pada umumnya, petani di Indonesia masih menggunakan metode pengeringan tradisional, salah satunya dengan cara dijemur, menyebabkan proses pengeringan berlangsung lama berkisar antara 4-5 hari. 

https://www.rajapengering.com/mesin-pengering-model-bak-bed-dryer/

Dengan melihat permasalahan ini, dibutuhkan sebuah inovasi yang dapat mempersingkat waktu pengeringan padi sehingga dihasilkan proses produksi beras yang lebih efisien. 

 

https://www.rajapengering.com/mesin-pengering-model-bak-bed-dryer/

Salah satu contoh Gambar Mesin Pengering Pertanian Model Bak (Bed Dryer)

https://aneka-pengering.com/jual-mesin-pengering-padi-dan-jagung-model-bak-paling-murah-se-indonesia.html?o=terlama

Salah satu contoh Gambar Mesin Pengering Pertanian (Bed Dryer)



Beberapa petani jagung di Indonesia sudah menggunakan mesin pengering dari integrator yang berkapasitas 30 ton per tiga sampai lima jam. Tapi, cakupannya hanya menjangkau sekitar 60 sampai 70 persen petani. Sementara itu, sisanya masih memanfaatkan sinar matahari sebagai pengering alami.

Mesin pengering pertanian padi, gabah, dan jagung model box (Box Dryer) akan membantu dalam efisiensi waktu para petani, terutama mereka yang masih menjemur di bawah sinar matahari. Hasil pengeringan pun lebih maksimal karena panasnya cenderung merata di semua hasil panen.

https://www.rajapengering.com/mesin-pengering-model-bak-bed-dryer/

Salah satu contoh gambar Mesin Pengering Pertanian Model Bak (Bed Dryer)

Tidak kalah penting, mesin bed dryer ini juga bisa mengurangi butir yang tercecer karena sudah terkumpul dalam karung

Mesin Pengering ini akan menjadi solusi terbaik untuk permasalahan pasca panen. Tidak lagi ada alasan karena hujan, jumlah panen turun maupun harga dari petani terlalu rendah sehingga mereka merugi.


Dengan adanya mesin ini, potensi kehilangan saat panen berhasil turun menjadi 3-4%, dan dengan pemerataan subsidi mesin ini merata ke seluruh Indonesia, di harapkan akan mencapai 2-3%. Merujuk pada Jepang yang mampu mencapai 1-2% kehilangan pada saat panen. 

Ia membandingkan saat panen masih menggunakan cara tradisional menggunakan arit, kehilangan saat panen mencapai 10% karena kerontokan. Sementara setelah adanya bantuan pemberian Mesin Pengering Padi, Jagung, dan Gabah Model Bok (Box Dryer) masalah tersebut berkurang.

https://anekapengering.com/mesin-pengering-padi-dan-jagung-model-bak-paling-diminati-se-indonesia.html?o=terbaru

Salah satu contoh Mesin Pengering Pertanian (Bed Dryer)

 Keunggulan Mesin Pengering Box Dryer.

1. Teknologi alat / tepat guna

2. Bahan bakar bisa Menggunakan briket, batubara atau kayu bakar

3. Mesin pengering model knock down (bongkar pasang)

4. Mudah Mengoperasikannya

5. Tenaga kerja sedikit, maksimal 2-3 orang

6. Biaya pengeringan gabah lebih murah dari tipe-tipe yang ada di pasaran

7. Daya pakai alat relatif cukup lama

8. Sangat cocok dioperionalkan pada kelompok tani

9. Asap tidak bercampur dengan bahan yang dikeringkan